KELUARGA YANG HARMONIS MENENTUKAN KARAKTER ANAK DALAM MENYONGSONG MASA DEPAN YANG CERAH

Peranan Orang tua bisa menentukan keberhasilan anak-anak kita bisa sukses di masa depan. Keterlibatan orang tua bisa memberikan semangat bagi putra-putri kita berhasil. Orang tua yang utuh dapat mendidik dan membimbing putra-putri kita dengan benar. Saya membaca buku dengan judul " MENJADI ORANG TUA HEBAT"Penulisnya adalah  Pak Anis Basweda Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sebagai orang tua harus mengetahui interaksi sosial semakin luas dan semakin banyak pengaruh yang bisa merubah karakter putra-putri kita. Meskipun anak-anak yang masih sekolah TK,SD,SMP,SMA,SMK di semua jenjang tersebut pengaruhnya sangat besar.Apalagi di jaman Era Digita. Anak-anak kita di jaman sekarang untuk nonton TV sudah tidak suka karena mereka sudah beralih kepada HP Android,Tab,Game dsb.Contohnya anak-anakku setiap hari pasti berbeda kegiatannya seperti:

1.Anakku yang sulung sudah sekolah kelas X di SMKN Kota Bandung. 
   Berangkat sekolah jam 06.00 masuk di sekolah jam 06.45 pintu gerbang langsung ditutup. Selama 
   belajar dari jam 07.00-17.00.Pulang ke rumah kadang-kadang jam 18.00/20.00.Begitu pulang ke 
   rumah   langsung membuka Tab/Laptop.Saya kira sebagai orang tua menyangka mengerjakan 
   tugas eh...dilihat chating-chating dengan teman sekolahnya.Baju seragam masih dipakai. Aduh....
   saya langsung mengomel (memberikan nasihat ).

2.Anakku yang kedua sudah sekolah kelas 4 SD di Kota Bandung.
   Berangkat sekolah pagi jam 06.45-12.00 dan sekolah siang jam 11.45-16.30.Kegiatannya
   sekolah siang .mengaji di mesjid jam 08.00-09.30.Apabila sekolah pagi mengaji jam 14.00-15.30.
   Pulang sekolah / mengaji langsung memainkan Tab/Hp Android punya ibunya yang dilihat vidio 
   dari youtobe tentang kwisi/ membuat slem/bermain sepatu roda. 




Dari kegiatan kedua anakku jadi khawatir takut nilai rapotnya jelek-jelek. Karena yang anakku yang sulung rajin belajar sedangkan yang adiknya malas belajar. Setiap semester saya suka membelikan buku-buku latihan baik ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan ulangan kenaikan kelas.Bagi anakku yang sulung sangat senang dengan membaca buku, tetapi yang adiknya buku-buku yang saya belikan masih utuh dan bersih karena tidak pernah dibuka/ dibaca. 

Datanglah pada waktu pembagian rapot semester 1, saya sebagai orang tua deg...deg...degan dan khawatir nilai rapotnya hancur. Alhamdulillah nilai-nilai yang diperoleh anakku yang sulung di atas KKM, walaupun ada 1 mata pelajaran kurang dari KKM.Sedangkan adiknya lumayan sama dengan KKM dan ada juga di atas KKM. Saya bertanya kepada anakku yang sulung:Bagaimana pelajaran di sekolah ???Anakku yang sulung menjawab:Pelajarannya ada yang mudah dan susah, tetapi Alhamdulillah, Ya mamah nilaiku tidak jelek ???saya menjawab:Nilaimu tidak jelek,tetapi harus ditingkatkan lagi untuk persiapan kamu untuk kuliah paling kecil nilainya 80. Oh...Ya, mamah nanti mau belajar lagi kata anakku yang sulung. Saya melihat rapot adiknya lumayan nilai rapotmu kataku ke anak bungsu, padahal kamu jarang belajar.  Kata anak bungsu:Mamah rapotku bagus yah ???Kataku bagus tetapi harus rajin belajar sebentar lagi naik kelas 5, nanti tahun depannya lagi naik kelas 6 nilaimu paling kecil 80 untuk masuk sekolah SMP.

Dari paparan di atas terbukti peranan orang tua sangat dominan untuk kemajuan anak-anaknya agar behasil dalam bidang pendidikan. Orang tua yang tidak utuh karena bercerai, ditinggal bapak/ibunya, diasuh dengan nenek dan kakek ataupun sanak saudara bisa menentukan keberhasilan dan bisa lulus sekolah. Kerjasama orang tua,sekolah dan lingkungan bisa mengantarkan kesuksesan anak-anak kita dalam meraih cita-citanya. Peranan orang tua yang paling utama adalah memberikan pendidikan keagamaan, keteladanan, dan pembiasaan dan kedispilinan. Semoga uraian di atas bisa mengispiratif kepada orang tua dalam mendidik putra-putrinya dalam menyongsong masa depan yang cerah,Semoga Allah Subhanawataala selalu melindungi anak-anak kita ke arah jalan yang lurus dan jalan yang diridoi olehNya, Amin Yrb  

LINK SOAL KELAS 1 SD DI SDN  BABAKAN SINYAR 4 BANDUNG

TEMA                            : KELUARGA
SUBTEMA                    : ANGGOTA KELUARGA
SEMESTER                   ; 1
TAHUN PELAJARAN : 2016-2017

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdjgOPIsT6kZ7p0jBenZsfB89jBasqXBA_lObRsyhP418dUAw/viewform

https://goo.gl/forms/Lx1KWckI9SFp4PiA2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan Untuk Indonesia

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL