PJJ DI MASA PANDEMI COVID.19 MEMBUAT ORANG TUA DARTING

 

 

 
         Buku Tema 5 Kelas 1SD Smt 2                          Buku Tema 5 Kelas 1SD Smt 2                 

Sejak sekolah diliburkan mulai dari tanggal 16 Maret 2020.Siswa-Siswi baik dari jenjang TK,SD,SMP,SMA,SMK sampai Perguruan Tinggi. Lembaga pendidikan mengadakan belajar secara daring/PJJ. Memang bagi orang tua yang ekonomi menengah ke atas tidak masalah dengan kuota internet,HP,Laptop,Printer dll.Tetapi bagi orang tua yang ekonomi menengah ke bawah sangat berpengaruh terhadap kebutuhan yang tidak terduga.

Termasuk murid-muridku kelas 1D dan 2D Tahun Pelajaran 2019-2020 dan Tahun Pelajaran 2020-2021.Mereka sangat terpengaruh dalam pandemi covid.19. Waktu belajar tidak teratur,pengirim tugas-tugas dari guru juga sama tidak teratur. Ekonomi orang tua sangat berpengaruh .Karena banyak diantara orang tua yang mendadak di PHK atau 3 hari bekerja selama 1 minggu.Otomatis berpengaruh terhadapat pendapatannya.

Belajar secara daring /PJJ untuk murid jenjang kelas rendah kelas 1 dan 2 SD kurang efektif.Karena tugas-tugas dari guru sebagian ada yang dikerjakan oleh orang tua murid. Tetapi bagi guru sudah tahu mana murid yang sudah bisa menulis,membaca dan berhitung.Dan mana murid yang bisa menulis tetapi belum lancar membaca dan berhitung.Sebagai guru karena mengetahu kondisi orang tua.Jadi dalam memberikan pelajaran setiap hari menggunakan Aplikasi Washap dan Telegram.

 Kegunaan Aplikasi Washap yaitu :

1)      Pengirim info tentang materi pelajaran

2)      Untuk mengirim tugas-tugas

3)      Diskusi

4)      Pengumpulan tugas berupa photo/video

 Kegunaan Aplikasi Telegram yaitu :

1)      Untuk mengirim photo

2)      Untuk mengirim video

3)      Sebagai arsip supaya tidak hilang

 Grup Washap kelas 1D dan kelas 2D yang dibuat untuk KBM selama pandemi covid.19 seperti :

1.                                                                2.

  

      

 Grup Telegram yang kelas 1D dan kelas 2D yang dibuat untuk KBM selama pandemi covid.19 seperti :

 1.                                                                      2.

2.                                                                       


   

  Kedua aplikasi tersebut orang tua yang tidak paham IT lebih suka pakai Aplikasi Washap dibandingka     Aplikasi Telegram.Tetapi orang tua yang paham IT mereka lebih suka aplikasi Telegram.Ya…begitulah suasana dan kondisi orang tua murid. Bagiku sebagai pendidik tidak masalah yang terpenting tugas-tugas dari guru selesai tiap hari.

Di sekolah yang orang tua ekonomi menengah ke atas rata-rata menggunakan Zoom,Google Meet,Google Form dalam belajar kelas daring /PJJ.Kalau di sekolahku disesuaikan dengan lingkungan dan keadaan ekonomi orang tua murid.  Sudah 1 tahun pandemi covid.19 kita alami.Begitu juga dalam kegiatan belajar murid-muridku.Keaktifan dalam belajar baru mencapai 60 % pada semester 2 Tahun Pelajaran 2019-2020. Sedangkan pada Tahun Pelajaran 2020-2021 semester 1  agak lumayan tingkat keaktifin orang tua dan siswa baru 75%.

 Dari hasil survey kegiatan kelas daring/PJJ semester 1 Tahun Pelajaran 2020-2021 .Masih ada murid dan orang tua murid tidak membimbing belajar.Maka penulis membuat daftar absen disesuaikan dari pengiriman tugas yang masuk. Contoh daftar absen dibuat per/tema :




Setelah di posting absen tersebut banyak tanggapan yang positif dan negatif dari orang tua murid.Tetapi ada juga dari orang tua yang sering tidak mengirim tugas. Merasa dipermalukan juga melihat absensi anaknya warna merah. Ya…itulah resiko tujuan guru ingin semua murid bisa belajar dan bisa mengerjakan tugas. Walaupun suasana dalam pandemi covid.19 di Era New Normal.

Setelah guru memposting absen di pagi hari.Kebiasaanku kalau bangun pagi menjelang sholat Subuh.Sekitar pukul 03.00 sudah bangun lalu membuka HP tujuan main di cas.Penasaran ingin membuka pesan di grup Washap,Grup Telegram baik grup murid dan pelatihan.Lalu membuka di Medsos ternyata ada orang tua yang memposting absen tersebut ke Facebook di Cerita Anda pukul 02.00 dini hari.



Waduh…jadi ada masalah adanya absen diposting ke grup Kelas 1D . Kata-kata dari orang tua tersebut lucu juga .Karena beliau tidak membimbing belajar anaknya di rumah karena bekerja. Padahal waktu pengumpulan tugas pukul 17.00.Di dalam keterangan disebutkan bagi orang tua yang tidak tepat waktu mengirim tugas.Silhkan japri kepada guru karena anak sakit/ijin lagi kerja .      

Penulis sebenarnya tidak suka memposting tentang urusan KBM .Karena ada orang kelas 1 dan 2 yang merasa tersindir dengan kata-kataku di status.Seperti yang kulakukan setiap KBM .Alhamdulillah…Murid kelas 1 sudah mengirim tugas=…murid, yang belum ditunggu.Begitu juga kelas 2 yang sudah mengirim tugas=…murid, yang belum ditunggu. Hanya seperti itu tujuannya agar semua murid bisa mengerjakan tugas dengan baik.

 Setiap hari pengiriman tugas baik berupa photo/video.Di minta photo anak sedang mengerjakan tugas.                                           Contoh Kegiatan Kelas daring/PJJ Kelas 1D

 

Contoh Kegiatan Kelas daring/PJJ Kelas 2D

 

Kebiasaanku setiap semester suka memberikan hadiah .Kepada murid yang rajin mengumpulkan tugas baik murid yang pandai atau yang biasa. Hadiah tersebut bertujuan hanya memberikan penghargaan saja .Bukan untuk memanjakan murid.

Selaku guru ingin murid-murid bisa membaca, menulis dan berhitung. Selama 3 bulan pertama setiap mau pulang sekolah. Secara bergiliran membaca buku. Tidak banyak-banyak hanya tiap murid membaca 1 jajar saja (1 kalimat).

Setiap 1 minggu sekali ibu memberikan kue, coklat dan peremen. Untuk memberikan motivasi supaya di rumah rajin belajar. Minggu ini ibu kasih kue wafer/biskuit harganya hanya Rp 2000/satu bungkusnya. Minggu besok kasih coklat bengbeng. Minggu depannya dikasih permen dsb. Dengan memberikan hadiah (reward). Murid merasa senang dan ketagihan juga. Setelah 3 bulan sama ibu dibiarkan dulu tidak di tes membaca dan menulis (Dikte).

Ada murid yang bertanya :"Bu Guru, Mengapa minggu ini tidak di tes membaca /menulis (Dikte) ???".

Kataku dijawab :"Untuk minggu ini istirahat dulu." Nanti minggu depan baru di tes membaca /menulis (Dikte).

Ya, "Bu Guru, Sekarang saya sudah bisa mengeja huruf-huruf."

Keren… Kamu sudah bisa membaca, kataku sambil mengucap kepalanya. Yang rajin supaya kamu bisa jadi orang sukses nantinya.

Asyik… Bu Guru, Siap… dilaksanakan kata muridku yang bertanya tadi. Sebut saja namanya Budi.Pemberian reward terjadi pada tahun 2019 kebelakang.

Sekitar Bulan Maret 2020 seluruh jenjang sekolah.Baik tingkat TK/PAUD,SD,SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi. Semua sekolah diliburkan karena pandemi covid. 19.Jadi murid-murid dan mahasiswa belajar via daring /PJJ.

Dengan belajar via daring guru kesulitan. Dalam memberikan penilaian karena dibantu. Oleh orang tua, saudara atau kakak2nya. Rata-rata murid-murid pendapatkan nilai 80- 100. Tetapi guru tidak akan salah memberikan nilai.

Setiap murid, guru lebih tahu dalam prestasi belajarnya. . Kemanpuan murid bisa di lihat dari cara menulis, membaca (Dikte).  Dari jumlah murid 28/kelas pasti hafal.

 Murid yang sudah mahir membaca, menulis (Dikte) dan berhitung. Begitu juga guru lebih tahu murid yang belum hapal huruf ,belum bisa membaca, menulis (Dikte). Ada sekitar 20 murid sudah bisa dan 8 murid yang belum bisa apa-apa.

Supaya murid yang rajin mengumpulkan tugas. Guru memberikan reward untuk menambah semangat. Dalam belajarnya  murid-murid di rumah. Padahal belajar di rumah ( online ) sangat menyita waktu. Baik dirasakan oleh orang tua, murid dan guru.

Guru memberikan reward berupa :

1.Buku tulis 4 buah yang tebal 58 lembar +makanan ringan. Untuk 5 murid yang bisa menyelesaikan tugas tepat waktu.

2.Buku tulis 2 buah yang tebal 58 lembar ditambah 1 buah yang tebal 38 lembar .

Dari pemberian penghargaan terhadap murid kelas 1 .Jumlah murid 27 orang yang dikasih hadiah 15 murid . Karena yang 15 murid paling rajin dalam mengumpulkan buku tugas. Begitu juga murid kelas 2 jumlah murid 26 .Diberi penghargaan sebanyak 14 murid.

Ada juga info dari orang murid yang mengadukan kepadamu. Mengapa anak saya rajin mengumpulkan tugas??? Tetapi tidak dapat hadiah dari bu guru. Ya, memang mengumpulkan tugas hanya tidak tepat waktu.

Dari pemberian riwerd (hadiah) murid-murid jadi tambah semangat dalam belajarnya. Semoga dengan adanya pemberian riwed murid-muridku tidak malas mengerjakan buku tugas. Selama belajar daring/pjj di masa pandemi covid.19.

Itulah pengalamanku selama mengajar kelas daring/PJJ berdampak sekali.Dalam sosial ekonomi dan lingkungan.Orang tua yang suka cuek dalam belajar anak-anaknya.Sekarang menjadi super sibuk,banyak mendadak penyakit Darting (Darah Tingg),pemarah melanda orang tua .

Bagi orang tua anaknya disiplin tidak ada masalah.Tetapi bagi anaknya yang pemalas,sukar bangun pagi.Bangun pagi bukannya mandi,sarapan  pagi, langsung main game, bermain keluar rumah. Semoga pandemi covid.19 cepat berlalu.Agar guru dan murid bisa melaksanakan KBM dengan tenang dan damai.

 

DAFTAR PUSTAKA

Buku Tema 5 Pengalamanku Buku Siswa Kelas 1SD Semester 2 ,Kementrian Pendidikan Penerbit Pusat, Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2016.

Buku Tema 5 Pengalamanku Buku Guru Kelas 1SD Semester 2 ,Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit  , Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2016.

Buku Tema 6  Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri   Buku Siswa Kelas 1SD Semester 2 ,Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit  , Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2016.

Buku Tema 6  Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri   Buku Guru Kelas 1SD Semester 2 ,Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit, Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2016.

Buku Tema 5 Pengalamanku  Buku Siswa Kelas 2SD Semester 2, Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit , Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2017.

Buku Tema 5 Pengalamanku Buku Guru  Kelas 2SD Semester 2 ,Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit  , Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2017.

Buku Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan  Buku Siswa Kelas 2SD , Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2017.

Buku Tema 6  Merawat Hewan dan Tumbuhan   Buku Guru Kelas 2SD , Kementrian Pendidikan Indonesia, Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud,Tahun 2017.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

  1. Luar Biasa Bu Yasmini mendokumentasikannya dengan rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Rita, trimks sdh berkunjung. Hanya untuk arsip sayang kalau dibuang begitu saja momen covid. 19

      Hapus
  2. Luar biasa tulisannya lengkap sekali...

    Gambarnya saya pikir hanya yang diawal saja, ternyata semakin ke bawah, semakin banyak gambarnya...

    Sehat selalu Bu SriYam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Master Indra, trimks sdh berkunjung. Trimks juga share ilmu ttg merapihkan photo2 di blog mantap

      Hapus
  3. Mantap, Mak...

    Didokumentasikan dengan lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Pipit, trimks sdh berkunjung. Hanya untuk arsip sayang moment pjj di masa pandemi covid. 19 dibiarkan begitu saja

      Hapus
  4. Mantul Bunda Sriyamini. Memang covid luar biasa pengaruhnya pada pembelajaran. Hal positif dan negatif bisa kita jadikan pengalaman dan pelajaran sebagai guruy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Sriwati, trimks sdh berkunjung. Betul sekali sebagai guru ingin muridnya bisa belajar dg. Tetapi tanggapan orang tua negatif. Biarkan saja yg terpenting guru sdh berusaha

      Hapus
  5. Rekaman kegiatan KBM yang luar biasa dan lengkap. Menjadi pengalaman tak terlupakan di masa pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Suyati, trimks sdh berkunjung. Ini hanya ingin menyimpan sebagai arsip. Adanya covid. 19 tdk akan terlupakan seumur hidup kita sebagai guru, orang tua, murid

      Hapus
  6. Alhamdulillah keren bunda...semangat PJJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Nunung, trimks sdh berkunjung.Emak tetap semangat dlm melaksanakan pjj sampai normal kembali

      Hapus
  7. Good job Mak... sekolahnya pasti bangga punya guru seoeeti Emak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Bunda Ambu, trimks sdh berkunjung. Lumayan untuk kenang2an kita di masa pandemi covid. 19

      Hapus
  8. Balasan
    1. Ya,Bunda Yusni,trimks sdh berkunjung.Lumayan obat pusing dengan menulis.Bisa terhindar dari darting ha...

      Hapus
  9. Sekadar saran Bu, kalau untuk menulis setelah koma atau titik, perlu diberikan satu spasi. Satu saja, jangan terlalu banyak. Itu saja Bu, supaya lebih rapi. Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,Master Rizky,trimk sdh berkunjung.Sip...trimks sarannya mantap

      Hapus
  10. saya sendiri jg darting bu sriyam. trm ksh atas ilmu nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,Bunda Aan,trimks sdh berkunjung.Betul sekali ibu juga darting banyak masalah dg pjj.Terutama dari orang tua yg tidak mendukung.Beliau tidak mau membimbing putra-putri belajar.Mau diadakan luring di rumahku.Ee...protes katanya sdh melanggar protokol kesehatan.Sampai saat ini sdh mau berakhir belajar daring.Tidak pernah mengumpulkan tugas.Bingung ...

      Hapus
  11. Pengalaman guru selama PJJ nano nano ya. Semoga tetap sabar dan semangat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku Kamu Dia

Melaksanakan PAS di masa pandemi covid. 19

Sekolahku sepi...