TIPS MENGHADAPI MURID YANG ABK DI ABAD KE 21
Apakah yang dimaksud dengan ABK ???Mungkin
ada yang tahu dengan dimaksud dengan ABK !!!.....
Pengalaman mengajarku sudah 30 tahun dari
tahun 1987-2017, suka dan duka menjadi seorang pengajar. Dari mengajar kelas
bawah yaitu dari kelas 1,2,3 SD dan kelas tinggi yaitu dari kelas 4,5,6 SD.
Mengajar
di kelas tinggi murid-murid sudah besar dan dewasa, tetapi mengajar kelas
rendah masih banyak yang harus dibimbing dari cara kebiasaan, sifat dan watak
yang belum dewasa.pada umumnya mengajar di kelas rendah kebanyakan murid-murid
yang manja, ingin selalu diperhatikan.ingin segala mengetahuinya dan harus
kerja ekstra.
Saya
mengajar di kelas bawah yaitu kelas 1 SD pada tahun pelajaran 2009-2010.Pertama
kali mengajar melihat murid-muridku yang sedang belajar bisa berlari ke sana dan
ke sini, murid perempuan berbicara terus dengan temannya, sedangkan murid yang laki-laki
lari-lari
Kepalaku pusing 7 keliling, mau marah tidak bisa hanya dalam hatiku
mengucapkan Astagfirullahhaladzim sambil mengucap dada. Darah tensiku langsung
naik biasanya normal 110/90 ini naik jadi 155/80. Selama mengajar di tahun
pertama saya banyak mengeluh, karena terbiasa mengajar kelas besar dan sudah
hafal sifat dan wataknya.
Berbagai
cara saya ingin bisa mengusai /menaklukkan murid kelas 1 SD tersebut, dengan
mencari informasi di mbah google,membaca buku-buku tentang murid kelas 1 SD, seminar,workshop dan diklat. Tahun berganti
tahun akhirnya saya mengajar kelas 1 SD hampir 7 angkatan.
Pada tahun pelajaran
2016-2017 saya mempunyai 3 murid yang istimewa, mereka adalah 2 orang anak
laki-laki dan 1 anak perempuan. Ketiga anak
tersebut mempunyai kebiasaan yang berbeda yaitu yang bernama :
1. ADI sukanya mencerita
sendiri, bernyanyi, jalan-jalan,dan mengganggu temannya yang sedang belajar,
apabila temannya tidak mau bermain dia marah sambil memupul temannya, bahasa
yang dia ucapkan seperti suara Jarjit Sing teman Upin dan Ipin serial film dari
Negara Malaysia.kalau sedang menulis tidak selesai, kalau tulisan banyak suka
bilang:’Bu guru tulisannya banyak jadi cape menulisnya”.
2. APRIAN sukanya
mencari pensil dan penghapus di dalam cepuk, berbicara sendiri,menyerut pensil
sampai habis, penghapusnya dipotong-potong dibagikan kepada temannya. Kalau pensil
dan penghapus tidak ada di dalam cepuk suka bertanya kepada guru:”Bu guru
kemana yah pensil dan menghapusnya ???
3. GADIS sukanya marah-marah
kalau bertanya kepada temannya tidak langsung dijawab, kalau nilai ingin 100
terus, tidak mendapatkan nilai 100 buku tidak mau mengambil dari ibu gurunya, kalau
sedang mengerjakan tugas selalu bilang:”Bu guru kalau soal nomor 1 apa yah
isinya ???
Ketiga
murid istimewa tersebut saya kadang-kadang kesal, ingin marah .Tetapi tidak bisa
tetapi tidak bisa hanya
bisa mengusap dada dengan menyebut “Astagfirullahhalazdim” Ya Allah
Subhanawataala berikan petunjukNya kepadaku agar bisa menenangkan dan bisa
mengajar mereka dengan baik,Amin Yrb.
Saya mencoba membaca buku yang dulu
pernah mengikuti workshop bersama Ibu Hevie Marliany,S.Pd.Kons,CHt,CGA ( Guru
BP di SMPN 6 Cimahi ) yaitu dengan tema “DOODLE ART-THERAPY (Analisis &
Interpetasi melalui
gambar ) dan GRAFOLOGI (Analisis & Interpretasi Tanda
Tangan dan Tulisan Tangan ).
Saya membuat gambar lalu diwarnai
atau murid-murid sendiri menggambar dan diberi warna. Dengan ilmu yang didapat
pada waktu workshop saya lakukan dan mengikuti langkah-langkah dari buku modul
yang diberikan oleh Ibu Hevie Marliany, Alhamdulillah ada hasilnya, setiap hari
sabtu saya belajar mengambar dan bernyanyi supaya muri-murid tidak jenuh dan
ternyata mereka senang sekali.
Belum puas dengan cara tersebut setiap mau
pulang sekolah sudah disiapkan permen, kue, coklat sebagai penghargaan bagi
murid-murid yang sudah bisa membaca dan sudah selesai mengerjakan
tugas-tugasnya.
Saya mencari cara lain yaitu membaca
buku dari Pak Sudarma,S.Pd.SST.MT tentang “Macam-macam Gaya Belajar “Menurut DePorter dan Hernacki (2002) gaya
belajar adalah kombinasi dari menyerap,mengatur dan mengolah informasi.3 jenis
gaya belajar seperti :
1.
Visual
( Visual Learners )
Gaya belajar menitikberatkan pada
ketajaman penglihatan
2.
Auditori
( Auditory Learners )
Gaya belajar mengandalkan pada
pendengaran untuk bisa mengingatnya
3.
Kinestetik
( Kinesthetic Lerners )
Gaya belajar mengharuskan individu yang
bersangkutan menyentuh sesuatu
yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa
mengingatnya tanpa harus
membaca penjelesannya.
Dari
yang saya paparkan di atas bahwa kita selaku pendidik harus mencari solusi
apabila mempunyai murid yang istimewa. Kita tidak merasa bersalah dalam
mengajar, begitupun muri-murid tersebut senang dan mau sekolah terus.
Tentang ABK adalah Anak Berkebutuhan Khusus, mereka harus diperhatikan,disayang dan jangan sering dimarahi. Kalau kita dekat dengan mereka jadi merasa dihargai,dibutuhkan dan diperhatikan. Pada hari Kamis,26-01-2017 ini jam 09.00 salah satu muridku yang istimewa mau pindah sekolahnya ke Garut karena mengikuti orang tuanya yang pindah rumah.
Saya sebagai guru
sangat sedih karena anak yang bernama Gadis banyak sekali perubahannya yang
dulu pertama masuk sangat liar sekarang dia suka baik dalam bersikap, sudah
mulai tumbuh kedewasaannya. Ketiga murid ABK sudah bisa menulis,membaca(dikte).
Tulisannya
ada yang sudah rapih dan ada yang masih harus diperbaiki, tetapi setiap
pelajaran mereka mengerjakannya dengan baik. Ibu doakan Gadis jadi anak yang
sholeh,pandai,banyak rizkinya,saying kepada kedua orang tua serta
keluarganya.
Semoga tulisan saya ini bisa menginspirasi kepada bapak/ibu guru
yang mempunyai murid istimewa, Yrb .Semoga Allah Subhanawataala selalu
melindungi kita,Amin Yarobalamin
Catatan
Nama anak-anak tersebut sekarang sudah kelas 5 Sd. Ibu bercerita waktu mereka masih murid kelas 1D
Luar biasa. Bunda guru hebat. Tantangan tersendiri menghadapi ABK. Makanya untk ABK kan hanya 5 orang dalam satu kelasnya ya. yang inklusif saja kadang kita keteter ngajarnya. Selamat Bunda tetap semangat, menabung amal.
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Menghadapi anak ABK hrs sabar. ..sambil gereget hi...
HapusLuar biasa kesabarannya Bunda. Ingin bisa memahami dunia anak dengan lebih baik.
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Betul sekali kita hrs pandai2 merayu anak ABK suka ngamuk
HapusLuar biasa Ibu... terbayang betapa sulitnya mengajar di kls rendah, insya Allah didikan Ibu ajan membekas dalam pada diri ABK...
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Alhamdulullah anak ABK pas mau pindah sekolah masih ingat kpd guru lewat chating di Wa
HapusLuar biasa ditangan sang guru yg sangat mengerti kekurangan muridnya. Akan terlahir murid-murid hebat. Pasti suatu hari dari mereka akan datang dan mengucapkan "Terimakasih ibu"....ahhh indah sekali.
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Alhamdulillah anak ABK hatinya baik, mungkin krn ada masalah dr luar /dirinya sendiri
HapusIni keren..menjelaskan teori dengam contoh nyata. Bravo !!
BalasHapusYa, Master Sucipto, trimks sdh berkunjung. Betul sekali menghadapi anak ABK harus ada teori dan praktik dr para ahli
HapusSubhanallah 🙏 insha Allah surga menanti Bu guru ❤️ moga semua jadi amal jariyah. Ibu sudah ngajar saya baru tamat SMA 🙏
BalasHapusBunda, trimks sdh berkunjung dan doanya, Aamiin.. .
HapusBun, yang utama pasti butuh kesabaran yang luar biasa ya..semangat
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Betul sekali mengajar kelas rendah ektra sabar
HapusLuar biasa Bunda. Bertambah lagi nih pengetahuan saya dengan ABKn6a Bunda Sri Yamini
BalasHapusYa, Bunda, trimks sdh berkunjung. Silahkan kalau diperlukan. Ibu pernah mengikuti diklat dg guru BK
HapusWah, luar biasa sekali. Ternyata sudha terbukti bahwa marah bukan solusi, bukan? Tulisan bagus sangat menginspirasi menangani ABK
BalasHapusYa, Master Susanto, trimks sdh berkunjung. Betul sekali kita sebagai pendidik hrs bisa menahan marah. Kalau ibu keluar kelas dg menghirup udara segar
HapusSelalu ada cerita dari setiap usaha seorang guru.
BalasHapusSelalu ada kenangan dari setiap ucapan guru
Selalu ada cinta pada kasih guru
Terimakasih tulisannya Bu
Master Indra, trimks sdh berkunjung. Betul sekali kalau guru tdk ada perhatian kpd murid2ku. Mungkin banyak dibenci
Hapus