Melaksanakan PAS di masa pandemi covid. 19

 Mulai hari Senin, 30-11-2020 sampai dengan hari Sabtu, 05-12-2020 .Murid-murid dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK sampai Perguruan Tinggi melaksanakan PAS (Penilaian Akhir Semester) 1 .Itu juga tergantung jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak Dinas dan hasil rapat Ibu Pengawas,Ibu Kepala Sekolah dan Guru-guru.

Untuk murid-muridku kelas 1 dan 2 SD  jadwal PAS  sudah ditentukan yaitu hari Senin, 30-11-2020 sampai dengan hari Sabtu, 05-12-2020.Berkas soal diphoto copy lalu dibagikan ke murid-murid.Untuk dikerjakan di rumah masing-masing. Dengan di bimbing oleh orang tuanya. 

Pikiranku merasa risau juga karena hasil nilainya sangat tinggi sekali .Ulangan yang dikerjakan di rumah lebih tinggi. Daripada ulangan yang dikerjakan di sekolah. Sudah jelas kalau di sekolah anak lebih fokus.

 Karena tidak ada yang membantu .Betul-betul hasil kerjanya sendiri. Namanya guru pasti bisa mengenal karakter murid-murid. Mana yang sudah bisa menulis,membaca dan tidak bisa membaca serta menulis.

Begitu juga tulisan murid-murid bisa diketahui. Kadang-kadang ada juga orang tua yang mengerjakan soal tersebut. Dengan alasan anaknya lagi malas, tidak mau belajar, lagi sakit ( Lagi bete). 

Gurupun sudah punya kriteria penilaian selama belajar kelas daring /pjj seperti :                          1.Murid yang sudah bisa membaca /belum.        2.Murid yang sudah bisa menulis/belum. 3.Jenis tulisan yang dikerjakan oleh anak/orang tua.                                                                    4.Tepat waktu dalam mengirim buku tugas setiap seminggu sekali. 

Dari 4 kriteria pokok guru tidak akan salah memberi nilai. Tidak ada istilah anak emas, anak lebih dekat guru. Diberi nilai lebih tinggi daripada anak yang tidak dekat dengan guru. 

Semua penilaian asli bukan direkayasa .Karena pemberian nilai harus dipertanggungjawabkan oleh guru.Nanti oleh Allah akan ditanya pertanggungjawabannya dalam memberi nilai.

Kalau  guru salah memberi nilai kepada murid. Kasihan kalau nanti setelah naik ke kelas selanjutnya. Pasti guru di kelas lebih tinggi bertanya. Siapa yang bisa /tdk bisa dalam mengerjakan tugas-tugas dari wali kelasnya. 

Semoga curahan hatiku ini dapat memberikan pencerahan .Kepada guru yang lain pasti sama dalam memberi penilaian terhadap murid-muridnya.  




 



Komentar

  1. Iya bu. Kadang menilai jadi dilema. Terima kasih solusinya. Bukan sekedar angka.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah...Bunda Suyati, trimks sdh singgah ke rumah ibu. Semoga bermanfaat untuk kita semua, Aamiin...

    BalasHapus
  3. Saya juga mengalami hal yg sama Bu

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Master Indra, trimks sudah singgah ke rumah ibu. Semoga bermanfaat untuk kita semua, Aamiin...

    BalasHapus
  5. Wah, sama nih, Bu. Di Bengkulu PAS juga mulai bsok. Kurang antusias sih sebenarnya. Maklum saja, problematika PJJ di daerah yg terkendala fasilitas blm banyak mendatangkan solusi.
    Mudah-mudahan tahun depan keadaan negeri sudah lebih baik ya Bu. Salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Master Ozy, trimks sdh berkunjung ke rumah ibu

      Hapus
  6. Di saya baru akan mulai Selasa Bun ..
    Salam kenal, sukses selalu ya Bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama... Bunda Abithea, ibu juga lagi belajar. Trimks atas kunjungan ke rumah

      Hapus
  7. Di saya baru akan mulai Selasa Bun ..
    Salam kenal, sukses selalu ya Bun...

    BalasHapus
  8. Di daerah sy mulai hari ini. Tulisannya mantappp

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

Harapan Untuk Indonesia

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL