Tahapan Dalam Menyusun Buku Secara Otomatis
Player Pertemuan ke 15 Grup BM Gel.25
Judul : Tahapan Dalam Menyusun Buku Secara Otomatis
Resume Ke : 15
Gelombang : 25
Hari/tanggal : Senin, 20-06-2022
Tema : Langkah Menyusun Buku Secara
Sistematis
Narasumber : Mr.Yulius Roma Patandean,S.Pd
Moderator : Mr.Bams,S.Kom
CV Mr.Yulius Roma Patandean,S.Pd
Karya Tulis Mr. Yulius Buku Solo
Yulius Roma Patandean
Instagram:
yuliusromapatandean
Paparan Materi Diskusi pada pertemuan ke 15 adalah
Beliau
adalah salah satu alumni program ini di
Gelombang 9, tepatnya di awal pandemi Covid-19.
Setelah
memenuhi tantangan Prof. Richardus Eko Indrajit menulis buku dalam satu minggu
pada bulan April 2019, maka niat menulis buku sepertinya tidak berhenti dan
terus beliau me lakukan hingga kini.
Oleh
karena saat ini beliau masih dalam tahap menjalani pendidikan guru penggerak
angkatan 4, Maka buku yang beliau tulis pun berjudul Guru Penggerak.
Wah...keyakinan
saya bapak/ibu penulis keren yang penuh semangat di grup ini pastinya telah
memiliki ide-ide cemerlang di benak masing-masing terkait judul buku yang akan
ditulis.
Topik
kita adalah Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis. Saya meyakini bahwa
sistematisnya cara kita menyusun naskah buku tidak terlepas dari tertatanya
alur pikiran/ide yang kita tuangkan di naskah tersebut.
Artinya,
sebelum memulai tahapan penyusunan naskah untuk dibukukan, teman-teman semua
pasti sudah memiliki kumpulan naskah di laptopnya masing-masing. Tidak apa-apa
berserakan dulu, kumpulkan saja seperti mengumpulkan dedaunan yang berserakan
di halaman. Nantinya, akan saling terkait satu sama lain ketika mulai menata
naskah.
Kalau
saya ditanya bagaimana sih caranya menyusun naskah buku itu agar sistematis?
Jawaban saya yang pertama adalah......*Siapkan naskahnya dulu, pastikan naskah
buku dalam ukuran kertas A5 telah terkumpul minimal 40 halaman (standar UNESCO)
dilengkapi BAB-BAB_nya.
Sebenarnya, teman-teman yang aktif menggunakan fasilitas Microsoft Word, saya yakin telah menemukan beberapa fitur yang bisa membantu dalam mensistematiskan tulisan. Metode yang saya berikan pada malam ini, dasarnya ada di Ms. Word. Hingga kini saya masih menggunakan metode tersebut. Oleh karena saya telah terbiasa melakukannya, maka itu juga adalah metode terbaik yang saya bagikan kepada teman-teman semua.
Metode yang beiau digunakan bisa disimak pada tautan di bawah ini :
Cara
membuat daftar isi ,kutipan, indeks dan daftar pustaka otomatis
Silahkan di klik link berikut dan nonton video berikut : https://youtu.be/eePQwyHAcjw
Cara
membuat judul ,Bab, dan Sub Bab Judul Secara Otomatis
Silahkan di klik link berikut dan nonton video berikut :
Full keren mak resumenya ...
BalasHapusYa,Bunda Theresia,Trimks sudah berkunjung ke blog emak. Mantap ...
BalasHapusSalam sehat dan sukses...
Lengkap nan komplit emak que
BalasHapusYa,Bunda Dhotul,Trimks sdh berkunjung dan motivasinya,mantap...
HapusSalam sehat dan sukses...
YaBunda Ovi ,trimks Trimks dan motivasinya,mantap...
BalasHapusSalam sehat dan sukses...
Komplit nya pakai banget emak ku
BalasHapusKeren...Bunda Yandri ,selalu paling upted ,Trimks sdh berkunjung ke blog emak dan motivasi . Salam sehat dan sukses...
HapusMantul👍
BalasHapusTrimks...Bunda Oktavia, sdh berkunjung ke blog emak dan motivasi . Salam sehat dan sukses...
HapusBlognya bagus dan sy baca2 artikelnya sangat bermanfaat
BalasHapus