PENTINGNYA PARA GURU DI INDONESIA UNTUK MENGIKUTI E-TRAINING GURU MELEK IT ( DOGMIT ) INDONESIA BACTH 1 TAHUN 2017

Saya mengenal Pak Sukani pada 2015 di facebook. Saya mengenal beliau lewat perkenalan di facebook dengan Diklat Online.Saya alumni dari Diklat Online Guru Melek IT ( DOGMIT ) Angkatan ke 26 Tahun 2015. Dengan mengikuti Dogmit, saya mengenalkan ilmu pengetahuan TIK. Pada tanggal 21 Oktober 2015 merupakan hari yang sangat bersejarah, karena saya pertama mengenal Diklat Online. Pengetahuan tentang TIK saya masih belum paham ( Guru GAPTEK ). 

Pada tahun 2008 sebelum belajar Diklat Online pernah mengikuti berbagai kursus seperti :
1.Kursus Bimbingan Kelasa Dasar Di tempat bimbingan tersebut mengajarkan saya membuka, belajar menulis dan menutup komputer selama 10 kali pertemuan sangat membosankan. 

2.Kursus Bimbingan Kelas Lanjutan Di tempat bimbingan tersebut mengajarkan saya, mengenal power point, excel. Hanya menulis saja, sama sangat membosankan . kegiatan tersebut dilaksanakan selama 10 kali pertemuan. Dari kegiatan saya mengikuti kursus mengeluarkan biaya sebesar Rp 350.000 ( 10Xpertemuan ). Berarti 2X kursus Rp 700.000. 

Saya mencari seseorang yang bisa mengajarkan tentang TIK. Akhirnya saya minta bantuan kepada bapak/ibu guru honorer. Alhamdulillah belajar dengan beliau sangat menyenangkan. Bagaimana cara membuat power point, excel. Belajar menjumlahkan nilai, rata-rata nilai, nilai tertinggi /terbesar, nilai terkecil, rangking.Pada awal bulan Pebruari 2010 saya sedang kuliah dan sedang menyusun skripsi, karena saya guru gaptek dan tidak mau capai. Saya mengetik dan menyusun naskah dengan cara merental 1 lembar= Rp 2500. 

Saya sudah menyusun skripsi sudah mau bimbingan bab 1 dan 2, ternyata tulisan saya ditolak terus dan di marahi oleh Ibu Dosen. Pada waktu itu saya masuk kuliah ke UPI di Bandung dengan mengambil konsentrasi Matematika karena mempermudah cara menulis skripsi. Dalam hati saya :Mengapa tulisanku tidak diterima oleh Ibu Dosen ??? Saya sholat malam minta petunjuk kepada Allah Subhanawataala, Amin Yrb. Setelah selesai sholat sunat, karena buku,ATK dan coretan-coretan skripsi belum diberesan di atas meja belajar. Saya membereskan sambil dibaca tulisanku. Begitu dibaca tulisan dari Bab 1 dan 2, saya kaget kok...sama semua hasil tik printnya dari Bab 1 dan Bab 2, padahal saya tidak pernah curiga bahwa sudah berbohongi oleh rental. 

Jadi setiap ada perbaikan dari Ibu Dosen, saya menyimpan di dalam map. Semua tulisan dan tik print dibaca sampai diulang-ulang. Ternyata hasil dari sholat malam, Alhamdulillah Allah Subhanawataala memberikan petunjuk kepadaku. Menulis Bab 1 dan Bab 2 yang diperbaiki dan di tik print ulang ternyata tidak diperbaiki, habis biaya Rp 650.000. Pada waktu itu saya merenung untuk membeli laptop dan printer yang mengajarkan saya adalah bapak/ibu guru honorer sampai bisa. Saya juga sama memberikan bayaran, uang lelah kepada mereka.Saya belajar terus walaupun yang mengajari anak muda.Tetapi itu tidak jadi minder (rendah diri). 

Harus tetap semangat agar skripsinya selesai .Setelah belajar, Alhamdulilah bisa lulus dan wisuda. Kesimpulan : 
1.Kita jangan mudah percaya kepada orang lain,belum tentu niat kita baik, belum tentu bisa diterima oleh mereka suatu kebaikan. 

2.Segala kegiatan atau pekerjaan harus teliti dan hati-hati jangan suka mengandalkan orang lain. 

3.Kita harus banyak meningkatkan kompetensi yang merubah cara mengajar kita. 

4.Dengan kita mengikuti Diklat Online bisa mempermudahkan pekerjaan tidak perlu meninggalkan keuarga 

5.Saya banyak belajar dari Pak Sukani, belajar memosting karya tulisanku di blog kompasiana,membuat alat peraga berbasis TIK, 

Alhamdulilah saya sekarang jadi guru melekIT.Kita sebagai pendidik carilah ilmu sepanjang hayat. Pendidik harus banyak mencari ilmu pengetahuan yang baru supaya tidak ketinggalan Jaman Era Digital ( Abad ke 21 ). 6.Diklat Online sangat banyak membantu kita sebagai ajang mencari ilmu dan shering berkolaborasi dari jenjang sekolah dari Guru TK,SD,SMP,SMA,SMK,DOSEN 7.Diklat Online tidak perlu meninggalkan sekolah, rumah dan keluarga ( suami,anak-anak, orang tua ),mengerjakannya online 24 Jam 8.Ayo Bapak/Ibu Guru dari Sabang samapi Merauke untuk belajar dalam meningkatkan kompetensi kita,Amin Yrb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan Untuk Indonesia

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL