Pemasaran Buku
Judul : Pemasaran Buku
Resume Ke : 19
Gelombang : 25
Hari/tanggal : Rabu,29-06-2022
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Mr.Agus Subardana,S.E,M.M
Moderator : Mr. Sigit Purwo Nugroho
CV Mr.Agus Subardana,S.E,M.M
Paparan materi dari Narasumber Mr. Agus Subardana,S.E,M.M
Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku seperti :
1. Katagori buku Anak,
2. Buku Bisnis,
3. Buku Pertanian,
4. Buku Fiksi - Novel,
5. Buku Pengembangan Diri,
6. Buku Teks ,
dll ).
Dari
jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.Faktor
Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )
1.Pentingnya Transformasi Digital
Dampak
dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era
ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau
low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru
hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri
Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat
bekerja, Cara belajar – mengajar ,
kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang
kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada
bisnis penerbitan buku
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk secara
masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat
kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang
minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2.Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Kami Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik ...
B.Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah
mempunyai
90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di
tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
Untuk
itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh
para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku
tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
-Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
-Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
-Dan
masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern
tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .
Contoh Display Buku dan Promo
Program Promo yang akan berlangsung di Gramedia
2.Directselling
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
-Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
-Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
-Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Kami Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura
Demikian
yang dapat Beliau disampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih
banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami
sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam
menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak
sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.
Demikianlah paparan materi dari Narasumber Mr.Agus Subardana,S.E,M.M Semoga bermanfaat untuk mengunjung blog emak. Salam sehat dan sukses...
#BM.25
#Semangat untuk berkaya
#PGRI Semakin Luar Biasa
Komentar
Posting Komentar