Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila Melalui STEAM

 

Player Pertemuan Ke 14 Di Grup Kelas Inovasi Gel.1

Pada Hari Jumat,17-06-2022 merupakan pertemuan ke 14 di grup "Kelas Inovasi Gelombang ke 1". Mr.Fajar Trilaksono membagikan player pada hari Jumat,17-06-2022 pukul 14.04. dan link zoom metting. Beliau sangat rajin sekali dalam berbagi info dan ilmunya kepada kita. Narasumber  adalah Mr.Hardani,M.Pd dan sebagai moderator Bunda Leny Priska

 Kelas Inovasi IGTIK PGRI is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

 Topic: Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui STEM

Time: Jumat, 17 Juni 2022 pukul 19:30 WIB

 Join Zoom Meeting 

https://zoom.us/j/96915471014? pwd=Z2ZxRlp0Y1pYa0ZFcklKSjVKN09Vdz09

Meeting ID: 969 1547 1014

Passcode: PGRI

 Live Streaming on Youtube https://youtu.be/HoR-yIV2O1k



CV Mr.Hardani,M.Pd



Beliau merupakan guru SDN Tambegan Bangkalan Jawa Timur ,mengajar kelas 5 SD. Dinobatkan sebagai Guru Ispiratif tahun 2020

Narasumber,Moderator dan Peserta Zoom Meeting





Materi yang dipaparkan oleh 
Mr.Hardani,M.Pd

Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila melalui STEM-STEAM di SD



Projek penguatan profil pelajar pancasila

Definisi adalah 
Projek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat / permasalahan di lingkungan sekolah untuk menguatkan kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila Definis (Kemdikbudristek, 2021

1. Holistik: utuh dan menyeluruh koneksi yang bermakna antarkomponen dalam pelaksanaan projek Kemdikbudristek, 2021) 

2. Kontekstual: kegiatan pembelajaran di dasarkan pada konteks nyata sehari-hari untuk memberikan pengalaman bermakna 

3. Berpusat pada murid: pembelajaran yang mendorong murid untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri 

4. Eksploratif: projek memiliki area eksplorasi yang luas dari segi jangkauan materi, waktu, dan tujuan pembelajaran.



STEM-STEAM Pendekatan dalam pendidikan yang mengintegrasikan disiplin Sains, Teknologi, Engineering, Matematika (Art) melalui proses pembelajaran yang bermakna dengan dengan aktivitas merancang, membangun solusi untuk memecahkan masalah melalui Engineering Design Process. (English, 2016; Jolly, 2017; Kennedy & Odell, 2014; Roberts, & Cantu, 2012; Sanders, 2009).

Engineering Design Process Langkah atau tahapan berulang yang sering dilakukan Insinyur secara teratur bolakbalik untuk membuat solusi dalam menyelesaikan masalah (Jolly, 2017 ).



Tema Projek P5 Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.


Implementasinya
































Demikianlah paparan materi dari Nasumber Mr.Hardani.M.Pd. Semoga bermanfaat bagi pengunjung blog emak. Salam sehat dan sukses...

#Kelas Inovasi 
#PGRI Semakin keren
#Materi Pertemuan ke 14 



Komentar

  1. Terima kasih Bun ,di sini saya dapat ilmu nya untuk projek khusus untuk SMK yang saya ampuh

    BalasHapus
  2. Ya,Mr. Rusmana...sama2
    Semoga bermanfaat,Semangat...
    Salam sehat dan sukses...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harapan Untuk Indonesia

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu