Sekolahku sepi...



Biasanya setiap pelaksanaan PTS / PAS .Sudah ramai dengan kehadiran murid-murid. Karena di bagi per/pluh.Untuk murid kelas 1 2 3 masuk di pagi hari dari pukul 07.00-09.00. Lalu masuk siang murid kelas 4 5 6 dari pukul 09.00-13.00.

Sejak pandemi covid. 19 belajar dialihkan ke rumah masing-masing.Sebagai guru dan pendamping adalah  orang tua.Guru berperan dalam memberikan tugas, menjelaskan serta memberi contoh. 

Lalu satu minggu sekali buku tugas di kirim ke sekolah. Karena menurutku sebagai guru /wali kelas dalam menilaian bukan hanya pengetahuan saja. 

Tetapi ketrampilan, kehadiran dalam mengirim buku tugas. Itu juga bisa dijadikan bukti untuk mengisi absensi setiap harinya. Ada juga yang tidak mengirimkan buku tugas. Berarti orang tua tidak ada perhatiannya /tidak tanggingjawab. 

Kadang-kadang lucu juga belajar kelas daring /PJJ. Untuk Tahun Pelajaran 2019-2020 terutama murid baru. Tidak mengenal satu sama lainya. Baik wajah, nama dan alamat rumah tidak tahu. 

Karena di sekolahku rata-rata dari kalangan menengah ke bawah. Ada yang tidak punya hp, kuota internet. Jangankan bisa membeli kuota untuk kebutuhan sehari-hari. Sangat berat. 

Setelah diberi pulsa kuota internet gratis dari Kemendikbud. Masih tidak ada jalan solusinya. Tetap saja kalau orang tua yang tidak  bertanggung jawab.Buku tugas tidak pernah dikerjakan. 

Setelah kegiatan belajar mengajar hampir 1 semester. Wali kelas mengumumkan buku tugas yang terakhir coba dikumpulkan.Setelah diperiksa banyak yang bolong-bolongnya. 

Ada juga yang membohongi diri sendiri. Dengan cara mengirim buku dari tugas yang terakhir. Di sangka wali kelas tidak mencatat. Siapa yang rajin /malas mengirimkan tugas.

Semoga masuk di semester ke 2 kita bisa belajar seperti semula. Walaupun hanya 3 hari dalam satu minggu. Sehari belajar hanya 1-2 jam tidak masalah.

 Yang terpenting murid-murid bisa belajar dengan guru. Bisa bertemu dengan teman-temannya. Pulang ke rumah tidak ada beban harus mengerjakan tugas (PR). 

Paling juga mengulang pelajaran yang diajarkan oleh guru di sekolah. Murid-murid pasti senang karena sejak lama tidak pernah keluar rumah. Semoga tulisanku bisa menghibur kepada Bapak/ibu guru, orang tua murid serta murid-muridku.

 Semangat  menuju hidup  sukses serta mandiri.Tanpa hidup mandiri tidak bisa meraih cita-cita setingi bintang di langit!!! 



Komentar

  1. Sekolahku juga Sepi Bu
    Namun harus tetap semangat mendidik dari Rumah Aja....

    Sehat selalu Ibu....

    BalasHapus
  2. Ya memang benar Bu, sekolah jadi sepi. Siswa ingin cepat pergi ke sekolah

    BalasHapus
  3. Trimks... MasMaster Indra, Bunda Sriwati, sudah mampir. Berarti kita sama merindukan murid2 dari rumah masing-masing. Salam sehat kembali, Aamiin Ya Robalalamin

    BalasHapus
  4. Tulisannya kerennn. Itu utk tahun pelajarannya adalah 2020/2021. Kalau 2019 belum pandemi

    BalasHapus
  5. Trimks... Bunda Min, sdh berkunjung ke rumah. Lumayan lagi belajar menulis. Tulisan apa yg terjadi saat ini

    BalasHapus
  6. Pandemi dari Bulan Maret 2019 tepatnya semester 2 sebelum lebaran

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

Harapan Untuk Indonesia

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL