Minuman sehat untuk penderita penyakit Asma (Sesek Napas)

Pada Mei 2018 waktu itu bulan Ramadhan hari ke 3. Biasanya buka puasa minum air hangat, makan kurma. Saya pas buka puasa hanya minum air hangat dan makan gorengan.Seperti bala-bala, gehu ,cireng dan goreng pisang. 

Makanan tersebut di beli ada yang jualan. Biasanya saya paling anti membeli makanan gorengan dari luar. Lebih suka membuat sendiri. Karena minyaknya lebih sehat dan non kolestrol.

Mungkin begitu jalan ceritanya saya harus sakit-sakitan. Habis gorengan 3 buah langsung. Saya batuk-batuk sampai sakit sekali di tenggorokan. Besoknya pergi ke dokter karena sudah makan gorengan.

Terasa sakit di dada, hulu hati bahkan saluran pernapasan.Setelah diperiksa oleh dokter .Lalu diuap yang mengeluarkan udara dari alat tersebut. Terasa lega karena sudah ada udara. Yang masuk ke saluran pernapasan. 

Setelah kejadian tersebut saya menghindari makan gorengan. Tetapi anehnya kalau gorengan yang dibuat sendiri .Tidak ada reaksi apa-apa.

 Karena penasaran mencoba lagi gorengan.Dari luar langsung spontan batuk-batuk dan sesek napas lagi. Ya... sudah harus dihindari membeli gorengan dari luar. Lebih bersih buatan sendiri. 

Hampir satu tahun kejadian tersebut. Akhirnya penasaran berobat lagi ke dokter umum. Minta rujukkan untuk cek rongsen .Dan untuk rujukan ke dokter penyakit dalam. 

Setelah hasil rongsen di terima.Penasaran bertanya kepada petugas. Hasil rongsen saya penyakit apa???... Kata petugas rongsen, ibu.. di dalam paru-paru banyak cairan. 

Waduh saya langsung kaget dan deg...deg..degan.  Spontan jantungku berdebar terus-terusan. Untung waktu ke rumah sakit. Suamiku mengantarnya kebetulan pulang kerja.

Kata suami:"Tenang, Mah... dokter penyakit dalam belum memangginya".Nanti kalau sudah dijelaskan oleh dokter. Baru kita percaya karena petugas rongsen. Hanya menebak-nebak saja. 

Akhir saya agak tenang juga dinasehati oleh suamiku. Giliran saya dipanggil oleh dokter penyakit dalam. Kata dokter penyakit dalam:"Bu, lihat rongsenannya bagus. Tidak terjadi apa-apa."Coba ceritakan ibu punya penyakit sesek napas (Asma). 

Saya ceritakan permulaan terjadinya sesek napas. Oo... Kata dokter itu bisa saja minyaknya sudah kotor. Lalu diberi obat supaya minyak tersebut bisa bening lagi. Jadi mulai saat ini jangan membeli gorengan sembarangan. Menurut dokter karena faktor U.Sedangkan usiaku lebih dari setengah abad (55 tahun).Kata dokter dari udara dingin dan bau juga pemicu Asma (Sesek Napas).

Kecuali kalau minyaknya bagus itu tidak apa-apa. Waduh... kasihan tukang dagang gorengan. Sudah langganan padahal biasanya bagus minyaknya.

Dari mulai tahun 2018-2020 saya mencari obat untuk penyakit asmaku. Karena kalau sudah jadi asmanya kumat. Terasa mau dicabut nyawa berkeringat dingin, stress dan tidak bisa tidur. 

Akhirnya setelah mencari di mbah google dan info dari teman. Untuk mengobati asma dengan cara :       1.Membuat minuman dari madu 2 sendok ditambah air hangat satu gelas.  

2.Air teh hangat ditambah 3 tetes minyak kayu putih.                                                                       

3.Susu murni ditambah madu, sereh, jahe, kunyit .

Reaksi setelah minuman ramuan tersebut adalah langsung muntah. Keluar lendir dan kotoran lain. Selain obat herbal tetap harus rutin periksa ke dokter penyakit dalam. 

Oleh dokter diberi obat semprot warna unggu (Seretide Diskus).Untuk obat kapsul/pil merupakan obat antibiotik.Obat-obatan dokter hanya untuk menjaga sebelum pergi ke rumah sakit.Saya juga takut banyak minum obat bisa terkena ginjal.

Obat semprot caranya diisap lalu dikasih air hangat.Lalu dibuang air hangat seperti dikumur-kumur. Setelah pengobatan rutin baik obat dokter dan herbal. Alhamdulillah... saya jarang ke rumah sakit. 

Apalagi lagi pandemi covid. 19 jadi takut pergi ke rumah sakit.Tidak lupa olah raga seminggu sekali. Yaitu jalan sehat sekitar 1 km-8km. Tergantung fisikku kuat jalan jauh.

Paling yang rutin sekitar 1 km -2 km.  Semoga pengalamanku tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jaga kesehatan kalau bukan diri kita sendiri. Berdoa kepada Allah Subhanawataala semoga kita diberikan kesehatan,Aamiin Ya Robalalamin



Komentar

  1. Bunda bikin gorengan sendiri ya, jangan lupa bawan akoh, dan ingat nasehat suami tercinta trus resepnya akoh simpen ah jaga-jaga kalau batuk disebabkan gorengan jalanan 😂

    BalasHapus
  2. Siap... Master Adam, trimks nanti kalau kopdar dibawakan gorengan buatanku. Motivasinya keren...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

Harapan Untuk Indonesia

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL