Bandung Kota Wisata

Di kota Bandung banyak sekali tempat wisata.Terutama banyak dikunjungi pada waktu liburan sekolah.Biasanya bersama keluarga mencari tempat rekreasi yang indah dan menyenangkan. Hanya saying dari bulan Maret 2020 di Negara Indonesia terkena pandemic covid.19.Jadi waktu liburan banyak digunakan berkumpul dengan keluarga.Seperti diriku waktu liburan digunakan untuk mengunjungi keluargaku di daerah Dago Atas Bandung.Begitu juga keluargaku yang di kunjungi di daerah Sayang Rancaekek Jatinagor.

Bagi bapak/ibu,kakak-adik yang belum berkunjung ke Bandung.Saya akan memberikan info yang lebih lengkap.Tempat wisata di kota Bandung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan local dan manca Negara.Diantaranya adalah :

1.      Museum Geologi 

Photo Museum Geologi Bandung

Tempat wisata edukasi ini terletak di jalan Diponegoro, sangat dekat dengan Gedung Sate dan Taman Lansia. Museum ini memiliki koleksi fosil, bebatuan, mineral dan peta (geologi, geofisika, gunung api, geomorfologi, dsb) yang dipastikan dapat menarik rasa ingin tahu pengunjung anak-anak bahkan dewasa.Mungkin hal yang paling menarik di museum ini bagi pengunjung anak-anak adalah fosil-fosil replika dari binatang purba, terutama fosil dinosaurus.

 

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan juga dari manca negara. Di museum ini terdapat 2 lantai yang setiap lantainya menyimpan benda atau pengetahuan yang berbeda.Alamat Museum Geologi Bandung.Museum Geologi bandung berlokasi di Jl. Diponegoro No.57, Citarum, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat

Jam Buka Museum Geologi Bandung Senin-Kamis jam 09.00-15.30. Sabtu-minggu Jam 09.00 WIB – 13.30 WIB Tiket Masuk Museum Geologi Tiket. Image via: tripadvisor Harga Tiket: Rp2.000 – Rp3.000

 

Fasilitas Museum Geologi Bandung

Untuk menunjang kegiatan museum baiks ebagai tempat wisata maupuns ebagai tempat menyebarkan “virus geologi” kepada khalayak umu, museum dilengkapi fasilitas pendukung yang cukup memadai.

      Beberapa fasilitas itu kaan coba kita bicarakan pada kesempatan ini.

1)      Masjid

Museum Geologi menyediakan masjid yang berada di sekitar Museum Geologi. Masjid ini berukuran cukup lapang, dnegan daya tampung mencapai 700 orang.

    2)      Auditorium

Auditorium merupakan semacam ruang pertemuan, dengan bentuk seperti panggung teater. Dengan bentuk ini berbagai kegiatan dapat dilakukan di Auditorium. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium adalah pemutaran film, ceramah, seminar, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Kapasitas Auditorium sebanyak 200 orang. Pemutaran film yang berdurasi + 20 menit bisa pengunjung dapatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

    3)      Ruang Edukasi

Selain Auditorium ada juga ruang edukasi yang bisa pengunjung manfaatkan. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang edukasi adalah ceramah dan diskusi. Kapasitas ruang edukasi sebanyak + 40 orang. Pemanfaatan ruang edukasi harus ada pemberitahuan sebelumnya (tidak bisa mendadak).

   4)      Souvernir Shop

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung akan kenang kenangan, pengelola mempunyai fasilitas souvernir shop. Di souvernir shop pengunjung Museum Geologi bisa mendapatkan cinderamata berupa buku-buku dan alat peraga yang berhubungan dengan ilmu kebumian. Selain itu pengunjung bisa memperoleh kaos, asesoris, gantungan kunci, dan benda geologi lainnya.

5)      Poliklinik

Salah satu fasilitas lain yang dimiliki Museum Geologi adalah poliklinik. Fasilitas ini diberikan kepada pengunjung yang sakit saat mengadakan kunjungan di Museum Geologi secara gratis. Fasilitas poliklinik hanya tersedia hari Senin s/d Kamis pukul 09.00 s/d 14.00. tenaga yang tersedia adalah seorang dokter umum dan paramedis.

    6)      Toilet

Fasilitas yang tidak kalah penting adalah toilet. Toilet pria dapat menampung 18 orang dalam satu waktu sementara toilet wanita dapat menampung 11 orang. Toilet ini terletak di sekitar ruang peraga lantai satu dan Auditorium.

 

Lokasi Wajib Dikunjungi di Museum Geologi Bandung

Ketika berkunjung ke Museum Geologi Bandung, ada beberapa lokasi yang manrik utnuk dikunjungi. Denagn kunjungan ke lokasi lokasi itu, pengunjung akanmemeproleh pengetahuan enegnai dunia geologi dalam berbabagai bidangnya. Dalam memperagakan koleksinya, Museum Geologi mempunyai 4 Ruang Peragaan dan 1 ruang persiapan/ pemeliharaan.dll


2.     Trans Studio Bandung

Photo Trans Studio Bandung

Berada di dalam Trans Studio Mall di jalan Gatot Subroto 289, indoor theme park ini direkomendasikan banget buat anda kunjungi. Berbagai wahana permainan keren, dengan suasana yang unik pasti bakal bikin asyik liburan anda sekeluarga.Meskipun indoor, wahana yang tersedia lengkap lho. Mulai dari Giant Swing, Vertigo, Sky Pirates, Captain Black Heart Pirate Ship, sampai dengan roller coaster juga ada!

Bandung adalah kota impian dengan segudang pariwisata aduhai. Mulai dari Lembang, Ciwidey, dan beberapa kawasan yang memiliki pesona dan pemandangan ternama. Selain pemandangan alamnya, Bandung juga mempunyai kawasan permainan dalam ruangan terbesar se-Asia Tenggara.Kawasan ini sudah banyak dikenal dan hampir di seluruh penjuru Indonesia hadir dengan konsep mini. Sepertinya sobat native sudah tahu kawasan yang dimaksud. Ya, kawasan ini bernama Trans Studio Bandung, kawasan yang memiliki wahana permainan yang sangat menarik dan memacu adrenalin.

 

Sebelum berdiri di Bandung, telah berdiri terlebih dulu Trans Studio Makassar yang menjadi latar belakang dari berdirinya wisata terpadu berkonsep indoor. Tetapi, banyak wisatawan yang pernah mencoba dan merasakan keduanya lebih memilih datang kembali ke Bandung daripada ke Makkassar.Bukan permasalahan biaya yang jauh dan dekat, melainkan masalah wahana permaianan yang berbeda.

 

Menurut mereka, kawasan di Bandung memiliki wahana yang super kece dan super keren. Bahkan, kawasan Bandung digadang-dagang sebagai wahana theme park indoor terbesar di Indonesia dan dunia. Lebih besar dari yang disampaikan diatas.

Kawasan ini resmi dibuka pada 18 Juni 2011.

Di bangun di atas tanah seluas 4,2 ha. Untuk biaya pembangunannya cukup fantastis yaitu 2 milyar rupiah. Angka yang tidak sedikit untuk membangun kawasan semegah ini di tahun 2011 yang notabene berbeda dengan tahun sekarang.Apabila sobat native sekeluarga bingung mau menghabiskan waktu libur dimana, kawasan ini adalah jawabannya. Karena sudah ada beberapa fasilitas yang dihadirkan untuk memanjakan wisatawan.

3. Kampung Korea Bandung

Photo Kampung Korea Bandung

Demam K-Pop semakin merasuki jiwa anak-anak muda pada saat ini, mereka tergila-gila dengan segala sesuatu yang berbau Korea Selatan. Entah itu Drama Koreanya, musiknya, kebudayaannya, bahkan makanannya, pasti menjadi incaran para kawula muda.Untuk mereka yang berduit mereka bisa sesukanya langsung datang ke negeri ginseng tersebut, namun jika kamu tak memiliki uang yang cukup apa yang harus kamu lakukan?

Jangan khawatir, kamu tinggal datang saja ke daerah Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Karena di sana terdapat sebuah lokasi yang akan membawamu seperti seakan berada di Korea Selatan. Ketika kamu memasuki gerbangnya, seakan ter-Teleportasi ke Seoul.Namanya ialah Kampung Korea Bandung, lokasi ini didesain khusus menggambarkan kebudayaan Korea Selatan. Tempat wisata yang instagramable di Bandung ini dibuat dengan bertemakan street food ala Korea.

Lokasi wisata ini terdiri dari dua area, area tradisional serta area modernArea tradisional ditandai dengan kehadiran Bunga Mugunghwa yang berwarna pink, serta bangunan disekitarnya terbuat dari kayu. Kamu seperti sedang berada di area istana kerajaan di Korea.Satu area lagi yakni area modern, disini menggambarkan bagaimana keadaan di Kota Seoul yang modern. Dengan ditandai jendela kaca yang lebar, dinding yang berwarna-warni, bangku taman yang dapat berfungsi sebagai meja makan, serta dihiasi lampu yang berbentuk unik dan sangat cantik.

4.  Chinatown Bandung

Photo Chinatown Bandung

    
      Bandung adalah kota yang memang esoktis. Tidak salah bila warga Jakarta menjadikan kawasan ini sebagai tempat liburan paling favorit. Bahkan, hampir setiap week end, hampir seluruh kawasan wisata Bandung selalu dipenuhi oleh wisatawan. Salah satu daya tarik kawasan ini adalah pilihan wisatanya yang cukup lengkap.

     Salah satu rekomendasi yang bisa diberikan untuk sobat native adalah Chinatown Bandung. Di sini        wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai macam menu kuliner. Saat ini, banyak nitizen yang             memilih memanfaatkan waktu libur mereka untuk datang kesini. Bertemu dengan teman, 

     bercanda  tawa, selfie, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.Masih banyak lagi tempat 

     wisata di kota Bandung. Bagi yang suka jalan-jalan mencari ketenangan sebagai pelepas rasa 

     lelah dengan rutinitas dalam bekerja

 

DAFTAR PUSTAKA/REVERENSI

 

https://www.nativeindonesia.com/chinatown-bandung/

     https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-bandung/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ucapan HUT Guru yang ke 76 sangat terharu

Harapan Untuk Indonesia

CIPTAKAN PELUANG MELALUI LITERASI DIGITAL